Bidang LPUI

LPUI (Lembaga Pemakaman Umat Islam)

Landasan Kegiatan

Kebutuhan akan tanah makam pada setiap wilayah diperlukan, dan bisa dipastikan masing-masing wilayah memiliki kesepakatan dalam hal pengadaan, dan pengelolaan makam.  Secara umum pengelolaan makam yang merupakan sumber daya masyarakat dilakukan dengan cara bergotong royong sesuai kemampuan masyarakat sekitarnya.

RW. 001, merupakan daerah perbatasan antara Jakarta dan Kota Tangerang Selatan, pertumbuhan penduduk di daerah kami amat sangat pesat, sehingga keberadaan lahan makam menjadi tantangan baru para tokoh masyarakat, karena rata-rata jumlah penambahan pemakaman dari tahun ke tahun terjadi peningkatan yang signifikan, sehingga lahan yang tersedia semakin sedikit.

Tanah Wakaf untuk Makam

Di awali dari wilayah sekitar RW.001, Kelurahan Pondok Karya,  Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan. Yayasan membiayai sertifikasi tanah wakaf yang ada di wilayah RW. 001, untuk kemudian dikelola dengan baik agar tidak memberatkan warga kurang mampu dalam proses pemakaman.

Pengelolaan Tanah Wakaf untuk Makam

Tokoh Masyarakat RW. 001, bermusyawarah dan mendirikan sebuah lembaga yang diberi nama (LPUI) yang berfungsi untuk melakukan pengelolaan makam, mulai dari proses memandikan jenazah, mengkafani dan menguburkannya.  Untuk bisa meringankan beban yang berduka, diputuskan bersama-sama dengan mengajak seluruh warga RW. 001, bersama para ketua RT. untuk melakukan sosialisasi tentang manfaat pengelolaan tanah Wakaf Makam.

Biaya yang timbul dalam proses pemakaman menjadi tanggung jawab lembaga, namun demikian sumber pendapatan lembaga terbagi menjadi:

  1. Iuaran Warga, besarnya Rp. 50,000 per tahun, per Kepala Keluarga.
  2. Sedekah Para Dermawan (Wakaf Tunai)
  3. Iuran Ahli Waris apabila melakukan pembuatan batu nisan.

Tujuan Pengelolaan Tanah Wakaf Makam

LPUI dengan segala pengurusnya memiliki tujuan agar Tanah Wakaf Makam tidak dijadikan sumber penghasilan oleh kelompok tertentu. Meringangkan beban yang berduka sehingga yang berduka tidak repot dalam memikirkan biaya proses pemakaman yang semakin hari juga semakin besar untuk daerah perkotaan.