Pendahuluan, Latar Belakang, dan Visi Misi

A. PENDAHULUAN DAN LATAR BELAKANG

Pentingnya menjadi pribadi yang bermanfaat. Mengapa banyak orang yang tertarik tentang bahasan ini, sebab ini salah satu perintah Rasulullah saw kepada umatnya. Sabda beliau:

Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain (HR. Ahmad, Thabrani, Daruqutni. Dishahihkan Al Albani dalam As-Silsilah As-Shahihah)

Menjadi pribadi yang bermanfaat adalah salah satu karakter yang harus dimiliki oleh seorang Muslim. Seorang Muslim lebih diperintahkan untuk memberikan manfaat bagi orang lain, bukan hanya mencari manfaat dari orang atau memanfaatkan orang lain. Ini adalah bagian dari implementasi konsep Islam yang penuh cinta, yaitu memberi.

Selain itu, manfaat kita memberikan manfaatkan kepada orang lain, semuanya akan kembali untuk kebaikan diri kita sendiri.

Jika kalian berbuat baik, sesungguhnya kalian berbuat baik bagi diri kalian sendiri (QS. 17:7)

Barangsiapa membantu keperluan saudaranya, maka Allah membantu keperluannya. (Muttafaq ‘alaih)

Siapa yang menyelesaikan kesulitan seorang mu’min dari berbagai kesulitan2 dunia, Allah akan menyelesaikan kesulitan2nya di hari kiamat. Dan siapa yang memudahkan orang yang sedang kesulitan niscaya akan Allah mudahkan baginya di dunia dan akhirat (HR. Muslim)

Setelah mengetahui manfaat “menjadi pribadi yang bermanfaat”, balasan berupa pahala yang diperoleh orang-orang yang perbuatannya bermanfaat untuk orang lain, yang merupakan syiar islam yang perlu terus dikembangkan pada masyarakat dan lingkungan untuk membantu saudara-saudara muslim lainnya yang belum beruntung.  Kemudian pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana caranya agar kita menjadi pribadi yang bermanfaat, untuk masyarakat luas?

B. Visi, Misi dan Motto

Visi

Mendorong terciptanya umat yang berakhlak mulia, mandiri dan memiliki daya saing berlandaskan iman, taqwa, ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimulai dari tingkat dasar.

Misi

  • Membantu menumbuhkembangkan generasi yang berakhlak mulia, mandiri dan berdaya saing berlandaskan iman, ilmu dan amal.
  • Memberdayakan umat dalam mewujudkan kesalihan individu dan kesalihan sosial melalui pemahaman ajaran islam berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits Nabi Muhammad SAW.
  • Membangun ekonomi syariah melalui pelatihan untuk peningkatan SDM berakhlak mulia
  • Mendorong terciptanya kehidupan sosial masyarakat yang berakhlak mulia.
  • Mengembangkan layanan jasa yang terintegrasi dengan pendidikan.
  • Mengembangkan potensi yang dimiliki masyarakat berpenghasilan rendah untuk bisa bersaing dalam usaha mandiri.

Moto

Mengutamakan Akhlak mulia dalam membangun kesejahteraan umat melalui ilmu dan teknologi.