Tazkiyatun Nafs = Penyucian Jiwa

Tazkiyatun Nafs = Penyucian Jiwa

Tazkiyah menurut bahasa berarti suci, berkembang dan bertambah. Sedangkan yang dimaksud disini ialah memperbaiki jiwa dan mensucikannya melalui jalan ilmu yang bermanfaat dan amal shalih.

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan. Barangsiapa yang mengikuti langkah-langkah syaitan, maka sesungguhnya syaitan itu menyuruh mengerjakan perbuatan yang keji dan yang mungkar. Sekiranya tidaklah karena kurnia Allah dan rahmat-Nya kepada kamu sekalian, niscaya tidak seorangpun dari kamu bersih (dari perbuatan-perbuatan keji dan mungkar itu) selama-lamanya, tetapi Allah membersihkan siapa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (QS:24:21)

Saudaraku, 2 paragraf di atas jika diperhatikan memberikan pengetahuan kpd kita.
PERTAMA: Kebersihan itu adalah Karunia dan RahmatNya,
KEDUA: jalan dgn ilmu yg bermanfaat & amal sholih.

Aplikasi dalam kehidupan: Saat ini bertebaran grup / medsos media elektronik yang menjadi bisa jadi rujukan memperoleh ilmu agama dan lainnya.  Motivasi, himbauan disertai dalil sering masuk ke komunitas Group WA / FB yang kita ikuti, kitapun sering share ke grup lain.  Namun tanpa kita sadari ilmu-ilmu tersebut belum membekas baik di hati kita.

Mengapa seperti itu???

Fokusnya bukan untuk memperoleh Karunia, RahmatNya & RidhoNya.

Fokus kita adalah: Anggapan dengan kekayaan menjadi tentram karena bisa melakukan apa saja, padahal sering kita jumpai orang banyak harta malah bingung dan tumbuh ketakutan, sulit tidur karena mikirin hartanya.  Padahal dalam tebaran ilmu melalui Grup sering kita baca tentang kekayaan yang berkah dan bermanfaat.

Fokus kita adalah: Menyelesaikan kesulitan dari masalah ekonomi, masalah rumah tangga, masalah anak, masalah kesehatan dlsb.  Tips yg diperoleh di MEDSOS pun sudah banyak diikuti Namun tak kunjung selesai.

Saudarakau, ajaklah hati, jiwa, raga, rasa dan fikiran kita untuk datang kepadaNya, dengan sungguh-sungguh, misalnya dengan doa Ya Alloh Ya Rohman, Ya Rohiim, Ampuni dosa-dosa saya dan bimbinglah saya menuju jalanMu yang Lurus, bimbing saya untuk bertobat, Allohu Akbar.

Doa di atas sederhana, namun jika diresapi sepenuh hati, diucapkan dengan kesungguhan, dengan pengharapan yang tinggi kepadaNya akan memperoleh kecerahan dalam menata hati, menjadi awal perjalanan memperoleh Rahmat Alloh.  Jika tidak percaya, silakan membuktikan sendiri, spt halnya saudara kita yang lain dengan kesungguhan menyerah padaNya, Alloh tunjukkan jalan menuju ketentraman.  La haula wala quata ila billahi alaiyil adhim.

Semoga Alloh memberikan Karunia & RahmatNya dan pengetahuan ini bisa bermanfaat untuk kita semua.  Aamiin.

Silakan Share Group kita (Terapi hati dengan Qurani)
https://chat.whatsapp.com/KRn0hwCfblKDc1D3mz7wVT

admin Mastri

Admin Mas Tri